Diberdayakan oleh Blogger.

Penyebab Dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Cepat Panas/Overheat

Penyebab Dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Cepat Panas/Overheat - Ini sering terjadi pada gamer / orang yang gila online seperti saya, hehe. Apalagi jika online 10-15 jam sehari :D . Suhu/temperature yang terlalu tinggi pada laptop akan berdampak pada kinerja laptop itu sendiri, dari hardware, komponen-komponen dan lebih parahnya bisa merusak motherboard. Masalah yang sering muncul adalah laptop sering mati sendiri ketika sedang digunakan. Sebenarnya di dalam laptop sudah terpasang kipas untuk mengatur sirkulasi udara/mendinginkan suhu processor. Namun, jika dalam kipas tersebut terdapat debu/kotoran yang menumpuk alhasil kipas tidak bisa bekerja secara sempurna dan bisa menjadi salah satu penyebab overheat pada laptop.

Nah mari kita kupas satu persatu apa saja penyebab overheat pada laptop.

1. Kipas tidak bekerja secara sempurna/tidak berputar.
2. Dimana laptop digunakan
3. Menggunakan laptop dalam waktu lama tanpa cooling pad/sejenisnya.
4. Thermal Paste kering
    Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas/Overheat?

    1. Coba cek apakah kipas berputar dengan baik/tidak berputar sama sekali. Alangkah baiknya bongkar kipas laptop,  jika tidak berputar sama sekali gantilah dengan kipas yang baru. Bersihkan sela-sela kipas dari debu/kotoran yang menumpuk, berilah grease bila perlu.

    2. Beberapa orang kadang tidak menghiraukan tempat meletakan laptop. Maka dari itu jangan meletakan laptop di atas kasur/bantal, karena dapat mempengaruhi sirkulasi udara.

    3. Untuk para gamer/ gila online alangkah baiknya menggunakan cooling pad untuk mengurangi panas dari laptop yang sedang digunakan.

    4. Cek Thermal Paste. Nah, untuk yang satu ini beberapa orang belum berani mengatasi sendiri. Pengalaman saya dulu suhu laptop mencapai 90 derajat lebih, bisa buat masak air tuh :D. Setelah bongkar processor ternyata thermal paste tinggal sedikit dan itupun hampir kering. Disinilah penyebab overheating pada laptop saya.  Setelah ditambahkan thermal paste alhamdulilah suhu bisa turun menjadi 50 derajat.

    Agar overheating tidak terjadi pada laptop kesayangan kita, lakukanlah perawatan secara berkala. Lebih baik menecegah daripada mengobati kan? :D . Ok Demikian beberapa Penyebab Dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Cepat Panas/Overheat. Apabila ada yang perlu ditanyakan silahkan isi di kolom komentar ^_^



    0 Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Cepat Panas/Overheat"

    Back To Top